Rekomendasi 10 Merk Termometer Terbaik untuk Bayi

Merk Termometer Terbaik untuk Bayi– Termometer untuk bayi, tentunya berlainan dengan termometer untuk orang dewasa. Pertimbangan dalam pilih termometer untuk bayi, seperti ketepatan, kecepatan mengukur, dan lain-lain, juga tentunya berlainan dengan penentuan termometer untuk orang dewasa.
Produsen seperti Omron, Braun, dan lain-lain, menghasilkan termometer untuk bayi dengan beberapa type. Contohnya, termometer yang dipakai pada telinga, dahi, atau type non-contact. Lebih detilnya, kami akan membahas beberapa faktor sebagai pertimbangan dalam pilih serta 10 produk referensi termometer bayi.

Perbedaan termometer untuk bayi dan orang dewasa

Perbedaan termometer untuk bayi dan orang dewasaPerbedaan termometer untuk bayi dan orang dewasa

Termometer yang digunakan untuk bayi berbeda dengan termometer yang digunakan untuk orang dewasa, dilihat dari bentuk dan lama pengukuran suhunya. Termometer untuk orang dewasa umumnya digunakan di ketiak, sedangkan untuk bayi, umumnya digunakan pada telinga dan dahi. Waktu pengukurannya pun jauh lebih singkat dibandingkan dengan termometer untuk orang dewasa.

Walaupun termometer untuk orang dewasa pada dasarnya dapat digunakan juga untuk bayi, demi kenyamanan bayi, ada baiknya termometer yang digunakan adalah termometer khusus untuk bayi. Hal ini juga memudahkan Anda dalam mengukur suhu tubuh bayi tanpa harus menunggu si bayi tertidur terlebih dahulu.

Cara memilih termometer untuk bayi

Lalu, faktor apa sajakah yang harus diperhatikan ketika memilih termometer untuk bayi? Berikutnya kami akan menjelaskan faktor-faktor penting yang perlu Anda perhatikan.

Pilihlah termometer dengan waktu pengukuran yang singkat

Pilihlah termometer dengan waktu pengukuran yang singkatPilihlah termometer dengan waktu pengukuran yang singkat

Tidak seperti orang dewasa, mengukur suhu pada bayi umumnya lebih sulit. Bayi lebih sering bergerak dan tidak sabaran sehingga dapat mempengaruhi keakuratan pengukuran. Untuk itu, termometer yang dapat dengan cepat mengukur suhu tubuhnya akan sangat membantu Anda. Selain itu, termometer dengan waktu pengukuran singkat akan mempermudah Anda mengukur suhu bayi atau balita di pagi hari sebelum mereka diantarkan ke daycare atau preschool.

Selain waktu pengukuran, sebaiknya Anda juga mempertimbangkan waktu yang dibutuhkan untuk menyalakan atau mengatur termometer. Beberapa termometer memiliki waktu pengukuran beberapa detik tetapi membutuhkan waktu lebih lama untuk siap digunakan setelah switch-nya dinyalakan.

Pilihlah tipe termometer yang sesuai dengan kebutuhan

Ada 2 tipe termometer bayi, yaitu digital dan infrared. Ada baiknya Anda mengenal kelebihan dan kekurangan masing-masing tipe sebelum menjatuhkan pilihan. Kami akan membahasnya lebih lanjut untuk Anda di bawah ini.

Tipe digital untuk pengukuran yang mudah dan akurat

Tipe digital untuk pengukuran yang mudah dan akuratTipe digital untuk pengukuran yang mudah dan akurat

Terdapat 2 macam termometer tipe digital, yaitu termometer dengan pengukuran aktual dan prediktif. Sesuai dengan namanya, tipe aktual akan mengukur suhu tubuh secara tepat sedangkan tipe prediktif hanya mengukur perkiraan suhu tubuh dengan menggunakan formula hitung tertentu. Walaupun mengukur secara tepat, tipe aktual membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan tipe prediktif.

Apabila tipe aktual membutuhkan 10 menit untuk mengukur suhu, tipe prediktif dapat mengukur suhu hanya dalam waktu 20 detik saja. Karena itulah, tipe prediktif lebih tepat untuk bayi. Meski begitu, bukan berarti tipe prediktif tidak dapat mengukur secara akurat. Tipe ini tetap dapat memberikan hasil pengukuran yang cukup akurat dalam waktu yang lebih singkat.

Tipe infrared untuk pengukuran yang cepat

Tipe infrared untuk pengukuran yang cepatTipe infrared untuk pengukuran yang cepat

Waktu pengukuran adalah faktor yang penting untuk pemilihan termometer bayi. Termometer tipe infrared umumnya memiliki waktu pengukuran yang lebih singkat. Termometer ini bekerja dengan mengukur gelombang infrared yang dihasilkan oleh tubuh dan permukaan kulit. Anda bisa menggunakannya dengan menyentuhkan bagian detektor pada dahi atau memasukkan bagian detektor ke dalam telinga. Sebagian produk termometer tipe ini dapat melakukan pengukuran suhu hanya dalam 1 detik sehingga cocok untuk bayi yang aktif bergerak.

Baca Juga:  Rekomendasi 10 Merk Obat Tetes Mata untuk Mata Lelah Terbaik

Sekarang ini, sudah ada juga termometer tipe infrared yang memungkinkan Anda melakukan pengukuran tanpa harus menyentuhkan termometer pada bagian tubuh bayi. Dengan tipe non-contactini, Anda hanya cukup mendekatkan termometer pada dahi. Walaupun demikian, termometer tipe infrared kurang akurat apabila dibandingkan dengan tipe elektronik. Terutama bila digunakan pada dahi atau bagian kulit pasca dikompres.

Pilihlah termometer yang mudah dibersihkan atau dengan ujung yang lembut

Pilihlah termometer yang mudah dibersihkan atau dengan ujung yang lembutPilihlah termometer yang mudah dibersihkan atau dengan ujung yang lembut

Karena bayi masih sangat rentan terhadap penyakit, pilihlah termometer yang mudah dibersihkan dengan cara dilap atau dicuci dengan air. Kebersihan termometer pun dapat lebih terjaga sehingga aman untuk bayi.

Selain kebersihan, agar bayi merasa nyaman dan tidak terluka, sebaiknya Anda memiliih termometer dengan bagian detektor yang terbuat dari material yang lembut atau lentur. Bagian detektor yang lentur dapat menyesuaikan dengan bagian tubuh bayi. Apabila bagian ini terlalu kaku, bayi dapat tertusuk dan terluka.

10 Rekomendasi termometer terbaik untuk bayi

Berikutnya, kami akan memaparkan 10 rekomendasi produk termometer terbaik untuk bayi yang telah kami urutkan dalam bentuk peringkat. Dengan mempertimbangkan fitur-fitur penting dan harga dari masing-masing termometer, pilihlah produk yang tepat untuk buah hati Anda!

10. Puretech Baby 4-in-1 Thermometer

10. Puretech Baby 4-in-1 Thermometer10. Puretech Baby 4-in-1 Thermometer

Harga : Rp 1.603.000

Dengan indikator demam yang mudah dibedakan

Pernahkah Anda mengalami kesulitan menginterpretasikan hasil pengukuran suhu? Termometer PURETECH Baby memiliki indikator demam yang mudah dibedakan dengan tiga warna lampu. Anda yang selama ini sering bingung untuk menginterpretasikan hasil pengukuran akan merasa sangat terbantu dan bisa cepat mengambil tindakan preventif.

Mengandalkan teknologi infrared, termometer ini dapat mengukur suhu dengan cepat, yaitu kurang dari 5 detik. Anda dapat menggunakannya pada telinga atau dahi bayi Anda. Bagian detektor yang digunakan pada dahi dapat dibersihkan dengan lap basah sedangkan untuk detektor telinga, Anda dapat menggunakan cotton bud.

9. Tecnimed Visiofocus Mini O6700

9. Tecnimed Visiofocus Mini O67009. Tecnimed Visiofocus Mini O6700

Harga : Rp 825.000

Lebih mudah dengan hasil pengukuran yang langsung tampil pada objek

Termometer infrared ini cocok untuk Anda yang ingin dapat membaca hasil pengukuran secara langsung tanpa repot melihat ke layar pada termometer. Ketika digunakan untuk mengukur suhu, termometer ini akan langsung menampilkannya pada permukaan objek yang diukur, misalnya dahi. Anda tak lagi perlu mengangkat termometer untuk melihat layarnya.

Selain berfungsi untuk menampilkan hasil pengukuran, sistem proyeksi ini juga berguna sebagai indikator ketepatan posisi termometer. Tampilan suhu akan keluar bila Anda memosisikannya dengan tepat selama kurang dari 10 detik saja. Pengukurannya pun lebih higienis karena dapat dilakukan tanpa menyentuh objek yang diukur.

8. Mothercare Forehead Thermometer Strips

8. Mothercare Forehead Thermometer Strips8. Mothercare Forehead Thermometer Strips

Harga : Rp 99.000

Mudah digunakan dan praktis untuk keadaan darurat

Salah satu kendala mengukur suhu bayi adalah pergerakan bayi yang selalu aktif. Termometer Mothercare ini memiliki bentuk lembaran berisi liquid crystal yang sensitif terhadap perubahan suhu. Produk ini sangat berguna untuk mengukur suhu bayi yang aktif bergerak. Tempelkan produk ini ke dahinya, dan tunggu 15 detik untuk melihat hasilnya.

Dilengkapi kotak penyimpanan, produk ini mudah dibawa mobile. Termometer ini juga mudah dibersihkan dengan mengelapnya saja menggunakan lap basah. Walaupun tidak menunjukkan suhu dalam metris, termometer ini mampu memberikan gambaran kondisi bayi. Cocok juga untuk melengkapi kotak P3K saat traveling bersama si buah hati.

Baca Juga:  Konsumsi 13 Jenis Buah yang Mampu Menghilangkan Jerawat

7. ThermoOne Termometer Alpha 3

7. ThermoOne Termometer Alpha 37. ThermoOne Termometer Alpha 3

Harga : Rp 23.000

Harganya terjangkau dan aman untuk bayi

Buat Anda yang mencari produk termometer digital dengan harga terjangkau, termometer ThermoOne merupakan jawabannya. Dengan harga tidak lebih dari 5 digit rupiah, Anda sudah bisa mendapatkan produk yang cukup akurat dengan waktu pengukuran singkat, yaitu 1 menit. Bersifat waterproof produk ini mudah dibersihkan dengan air.

Termometer ThermoOne memiliki ujung indikator yang lentur yang dapat memudahkan Anda melakukan pengukuran suhu secara aman pada bayi. Anda dapat menggunakannya untuk pengukuran melalu ketiak, dubur, atau mulut. Tentunya, penggunaan termometer untuk dubur dan bagian tubuh lain harus dibedakan, ya.

6. Vicks Pacifier Thermometer V925P-A

6. Vicks Pacifier Thermometer V925P-A6. Vicks Pacifier Thermometer V925P-A

Harga : Rp 155.000

Multifungsi, bisa mengukur suhu sambil menenangkan bayi

Termometer digital ini berbentuk dot yang dilengkapi dengan layar pada bagian depan untuk menampilkan suhu. Karena berbentuk dot, termometer ini akan membantu Anda untuk mengukur suhu bayi Anda yang sedang merengek. Walaupun fungsi utamanya sebagai termometer, Vicks tetap menunjukkan kualitasnya dengan menggunakan dot orthodontic.

Dot orthodontic ini dapat membantu merangsang pertumbuhan gigi bayi. Di samping itu, dot ini juga mudah dibersihkan dengan sabun dan air atau alkohol 70%. Walaupun termometer ini membutuhkan waktu 2 menit untuk mengukur suhu, Anda tentunya tidak khawatir karena bayi akan tetap tenang dengan dot orthodontic-nya.

5. Omron Digital Thermometer MC-246

5. Omron Digital Thermometer MC-2465. Omron Digital Thermometer MC-246

Harga : Rp 60.000

Fitur standar lengkap dan desain yang handy 

Omron sudah banyak dikenal sebagai produsen alat kesehatan sehingga produknya sudah tidak diragukan lagi kualitasnya. Bila Anda memilih untuk menggunakan termometer digital sederhana dengan fitur standar lengkap yang berdesain handy, produk ini adalah pilihan tepat. Notifikasi buzzer pada termometer akan mempermudah pengukuran suhu.

Termometer yang dapat dicuci ini memiliki desain tombol ON/OFFyang memudahkan Anda menyalakan produk. Anda hanya perlu menekan tombol selama 7 detik lalu mengukur suhu dengan metode yang Anda inginkan. Untuk pengukuran melalui dubur yang dianjurkan untuk bayi, termometer ini hanya butuh waktu <1 menit saja.

4. Omron GentleTemp MC-720-E

4. Omron Gentle Temp MC-720-E4. Omron Gentle Temp MC-720-E

Harga : Rp 640.000

Pantau fluktuasi suhu tubuh bayi dengan lebih mudah

Termometer infrared dari Omron yang kami rekomendasikan ini akan mempermudah Anda melacak hasil pengukuran suhu bayi. Omron Gentle Temp MC-720-E dapat menyimpan hasil pengukuran hingga 25 data. Fitur ini tentunya akan berguna ketika bayi terkena demam. Anda dapat memantau fluktuasi suhu bayi Anda dengan mudah.

Pengukuran suhu hanya membutuhkan waktu 1 detik. Anda dapat melakukan pengukuran tanpa harus menempelkan termometer pada bagian tubuh bayi sehingga tidak mengganggu tidur bayi dan lebih higienis. Kemudahan penggunaan produk Omron ini juga tampak pada perawatan produk yang cukup dibersihkan dengan kain kering. Luar biasa!

3. HuBDIC Non-Contact Infrared Forehead Thermometer FS-300

3. HuBDIC Non-Contact Infrared Forehead Thermometer FS-3003. HuBDIC Non-Contact Infrared Forehead Thermometer FS-300

Harga : Rp 400.000

Praktis dengan fitur notifikasi suara yang dapat disesuaikan

Seperti Omron MC-720, termometer infrared dari HuBDIC ini dapat melakukan pengukuran tanpa harus menyentuhkannya pada bagian tubuh bayi. Pengukuran dilakukan dengan menempatkan termometer selama 2 detik pada jarak 2-3 cm dari pelipis bayi. Alhasil, pengukuran lebih higienis dan menjaga bayi Anda dari penularan bakteri atau virus.

Termometer ini dilengkapi dengan fitur suara yang dapat diatur. Bila Anda menginginkan notifikasi, perbesar saja volume suaranya. Namun, bila bayi Anda sedang tertidur, Anda dapat mematikan fitur tersebut. Fitur yang berguna bila Anda ingin lebih yakin dalam melakukan pengukuran. Tidak hanya data visual yang disuguhkan, tetapi juga audio.

Baca Juga:  Rekomendasi 10 Merk Obat Tetes Mata Gatal Terbaik

2. Beurer Multi-functional Thermometer FT 65

2. Beurer Multi-functional Thermometer FT 652. Beurer Multi-functional Thermometer FT 65

Harga : Rp 462.500

Semakin yakin dengan jaminan garansi 5 tahun

Termometer infrared dengan fitur yang canggih membuat pengukuran suhu menjadi jauh lebih mudah. Apalagi Anda bisa bernapas lega karena termometer infrared dari Beurer ini dilengkapi dengan jaminan garansi hingga 5 tahun sejak tanggal pembelian. Anda pun tidak khawatir perlu membeli termometer lagi bila produk bermasalah.

Selain garansi yang berani, Anda pun tidak akan kecewa dengan fungsinya. Termometer ini dapat mengukur suhu pada telinga dan dahi dalam hitungan detik. Di samping itu, perawatan produk pun mudah karena produk cukup dibersihkan dengan lap atau cotton bud basah. Termometer berteknologi Jerman ini memang tidak perlu diragukan lagi kualitasnya.

1. Braun ThermoScan 7 Age Precision-IRT6520

1. Braun ThermoScan 7 Age Precision-IRT65201. Braun ThermoScan 7 Age Precision-IRT6520

Harga : Rp 1.199.000

Termometer dengan indikator demam untuk berbagai rentang usia

Tahukah Anda bahwa suhu normal atau demam dapat berbeda-beda tergantung usia anak? Suhu yang dianggap normal pada balita berusia >3 tahun bisa jadi suhu demam pada balita berusia <3 tahun. Termometer infrared dari Braun ini hadir dengan teknologi yang dapat menjadi solusi agar Anda tidak salah interpretasi suhu badan anak Anda.

Produk yang perawatannya cukup dilap dengan kain atau cotton bud ini dapat membantu Anda mengindikasi kondisi bayi dan keluarga Anda. Pengukurannya pun dapat dilakukan dalam 3 detik. Selesai mengukur, termometer akan memberikan tampilan warna yang berbeda sesuai dengan hasil pengukuran dan usia. Fitur canggih yang dapat diandalkan.

Tips mengukur suhu tubuh secara tepat

Walaupun produk termometer yang Anda gunakan merupakan produk terbaik dari produsen terkenal, Anda tetap harus memastikan pengukuran yang Anda lakukan benar. Agar pengukuran akurat, kami akan memberikan tips untuk mengukur suhu secara tepat.

Keringkan atau lap keringat sebelum melakukan pengukuran

Keringkan atau lap keringat sebelum melakukan pengukuranKeringkan atau lap keringat sebelum melakukan pengukuran

Apabila sedang demam, bayi cenderung mudah berkeringat. Keringat dapat mengganggu hasil pengukuran sehingga menjadi tidak akurat. Karena itu, sebelum mengukur suhu tubuh, pastikan bagian tubuh yang diukur dalam keadaan kering. Bila berkeringat, sebaiknya keringat dilap terlebih dahulu.

Lakukan pengukuran pada pagi dan malam hari

Lakukan pengukuran pada pagi dan malam hariLakukan pengukuran pada pagi dan malam hari

Suhu tubuh bayi cenderung mudah berubah. Pada pagi hari, suhu tubuh bayi lebih rendah dibandingkan suhu pada malam hari. Agar Anda dapat memantau fluktuasi suhu bayi dengan lebih baik, sebaiknya pengukuran dilakukan pada 2 waktu yang berbeda, yaitu pagi dan malam hari.

Apabila bayi mengalami demam, kami menyarankan Anda untuk melakukan pengukuran secara berkala. Umumnya pengukuran dilakukan 4 kali, pada saat bayi baru bangun di pagi hari, jam makan siang, sore hari, dan malam hari menjelang tidur. Hal ini akan memudahkan Anda untuk memantau kondisi bayi Anda.

Kesimpulan

Termometer memiliki fungsi yang sangat penting untuk memantau suhu bayi terutama bila bayi sedang demam. Maka dari itu, pastikan Anda benar-benar memilih termometer yang tepat agar hasil pengukuran pun akurat. Selain melihat spesifikasi termometer, Anda pun perlu mengetahui cara mengukur suhu tubuh bayi dengan benar.

Kami harap ulasan dari kami bermanfaat bagi Anda dan 10 produk rekomendasi kami dapat membantu Anda memilih produk yang tepat. Jangan lupa pertimbangkan juga kenyamanan sang buah hati, ya.